02 Oktober 2018

Batik Matematika


Latar Belakang

Batik adalah warisan seni budaya Bangsa Indonesia yang telah diakui oleh United Nation Educational, Scientific and Cultural (UNESCO) pada tanggal 2 Oktober 2009. Batik sebagai warisan budaya menjadi ikon budaya bangsa Indonesia yang unik dan harus dilestarikan.  dan  Batik Matematika adalah batik yang di desain berdasarkan simbol-simbol matematika.

Matematika adalah bahasa, yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat (Johnson dan Rising: 1972). Ketepatan dan keakuratan dari ilmu matematika menghasilkan keindahan baik dalam pola angka maupun pola yang diimplementasikan pada sebuah bentuk ataupun bangunan. Salah satu keindahan matematika dapat dituangkan dalam pola teratur yang indah, yaitu pada batik. Berikut ini batik-batik dengan motif matematika.

1. Batik Himpunan

Gambar 1. Batik Himpunan

Batik himpunan adalah batik dengan pola dasar penyusunya merupakan simbol-simbol yang terdapat pada salah satu cabang ilmu dalam matematika, yaitu himpunan. Batik tersebut disusun dari beberapa simbol, diantaranya:
  1. {}, yaitu kurung kurawal yang tidak memiliki isi yang berarti himpunan kosong. Hal tersebut memiliki makna bahwa dalam kehidupan itu pasti seseorang pernah merasakan kekosongan pada jiwanya, maka kekosongan tersebut haruslah diisi dengan rasa cinta, sehingga apa pun perbuatan yang didasari akan cinta akan terasa ringan dan lebih bermakna.
  2. ∩, yaitu irisan yang berarti apa-apa yang sama diantara himpunanhimpunan. Hal tersebut memiliki makna bahwa manusia itu diciptakan berbeda-beda, akan tetapi pada hakikatnya akan ada kesamaan, karena kita semua berasal dari satu turunan yang sama yaitu Nabi Adam a.s. sehingga dengan adanya kesamaan itu akan menimbulkan rasa kekeluargaan dan kasih sayang.
  3. ∞, yaitu tak terhingga. Hal tersebut memiliki makna bahwa betapa tak terhingganya nikmat nikmat yang telah Alloh SWT berikan kepada manusia, sehingga sudah sepatutnya manusia sebagai mahluk yang terbatas selalu mengingat dan beribadah kepada Yang Maha Tak Terhingga Kasih Sayang-Nya.
Dengan pola dasar :
Keterangan :
{} : Himpunan kosong
∩  : Irisan (Himpunan)
∅ : Himpunan kosong
∞  : Tak terhingga

2. Batik Trigonometri

Gambar 2. Batik Trigonometri

Batik geometri adalah batik yang disusun dari segitiga-segitiga yang merupakan bangun geometri. Segitiga tersebut memiki makna bahwa dalam kehidupan ini ada sebuah sistem yang satu sama lain saling mempengaruhi dan tidaklah bisa hilang salah satunya, yaitu Tuhan, manusia dan alam. Dimana Tuhan akan selalu berada pada titik tertinggi, sebagai tujuan ahir dari segala rangkaian kehidupan di dunia ini.
Dengan pola dasar :
Keterangan :

Segitiga (Geometri)

 

3. Batik MAPI (Sigma Pi)

Gambar 3. Batik MAPI

Batik MAPI adalah batik yang disusun dari simbol sigma dan pi. Sigma yang berarti jumlah, memiliki makna bahwa dalam kehidupan ini akan ada suatu masa dimana seluruh manusia berkumpul, dilakukan perhitungan dan pertanggungjawaban atas apa yang dilakukannya selama di dunia, dan disanalah diputuskan kemanakah tempat kembalinya sebagai kehidupan selanjutnya yang abadi. Adapun pi, pi disini bernilai 180 derajat, memiliki makna bahwa jikakita ibaratkan kehidupan ini adalah suatu lingkaran, lalu dibuat garis diameter lingkran yang horizontal, maka setengah dari lingkaran (180 derajat) yang terdapat diatas garis diameter itu adalah kehidupan kita di dunia, akan tetapi setengah lingkaran lagi yang berada di bawah garis diameter, itu adalah kehidupan di akhirat yang ghaib dan tidak kita ketahui.
Dengan Pola dasar :
Keterangan :
Π : Pi (180 derajat)
Σ : Sigma
∇: Gradien (kalkulus)

4. Batik Integral

Gambar 4. Batik Integral

Batik integral adalah batik yang disusun dari simbol-simbol yang terdapat pada matematika, yaitu integral (∫), isomorphism (≈), jika hanya jika (⇔), kongruen (≡), dan pi (Π).

Dengan Pola dasar :
Keterangan :
≈  : Isomorphism (Teori Grup)
⇔ : Jika hanya jika (Logika)
∫   : Integral
≡  : Kongruen
Π : Pi (180 derajat)

5. Batik Trigonometri

 Gambar 5. Batik Trigonometri

Batik trigonometri adalah batik yang disusun dari simbol-simbol yang terdapat pada salah satu cabang ilmu matematika yaitu trigonometri, diantaranya yaitu sin, cos, tan, alpha
(α), betha (β), dan theta (θ) yang dipadukan dengan salah satu sistem numerasi alphabet yunani yaitu obeselet digamma (ζ). 

Sin, cos dan tan memiliki makna yaitu tiga serangkai dengan indahnya hubungan antar garis pada sebuah segitiga. Adapun pada tan sendiri, dibalik indahnya grafik tan, ada sesuatu yang unik pada grafik tersebut.

Pada garfik tan, ada garis melengkung dan sangat indah yang berusaha mendekati suatu garis lurus tertentu (garis pada derajat 90 dan 270), namun tidak menyinggungnya sama sekali apalagi memotongnya. Hal ini memiliki makna yaitu berusaha untuk terus mendekatinya, tapi tidak akan pernah bersatu. Berusaha ada di dekat seseorang yang dikagumi, tanpa ada keinginan untuk menyakitinya dan sadar dengan sepenuhnya bahwa menjadi satu terkadang bukan pilihan yang bijak (filosofi asimtot).

Dengan Pola dasar :
Keterangan :
α     : Alpha
β     : Betha
θ     : Theta
Sin  : Sinus
Cos : Cosinus
ζ      : Obselet Digamma (Alphabet Yunani)

6. Batik Alphabet Yunani

Gambar 6. Batik Alphabet Yunani

Batik alphabet yunani adalah batik yang disusun dari simbol-simbol pada sistem numerasi alphabet yunani mulai dari 1-10 yaitu alpha (α), betha (β), gamma (γ), delta (δ), epsilon (ε), obselet digamma (ζ), zetta (ϟ), etta (η), theta (θ), dan iota (ι). Sistem numerasi alphabet yunani ini memiliki simbol-simbol yang unik, sehingga memiliki nilai estetika saat disusun menjadi pola teratur dan dituangkan kedalam sebuah karya seni berupa batik.

Dengan pola dasar :

Keterangan :
1 = α = alpha
2 = β = betha
3 = γ = gamma
4 = δ = delta
5 = ε = epsilon
6 = ζ = obselet digamma
7 = ϟ = zetta
8 = η = etta
9 = θ = theta
10 = ι =iota

7. Batik Mesir Kuno

Gambar 7. Batik Mesir Kuno

Batik mesir kuno yaitu batik yang disusun dari simbol-simbol sistem numerasi mesir kuno, yang dipadukan dengan motif-motif bunga yang disusun dari delta (δ) pada sistem numerasi alphabet yunani.

Dengan pola dasar :

Keterangan :


 

 

 

 

 

 

8. Batik Betha

Gambar 8. Batik Betha

Batik betha adalah batik yang disusun dari simbol pada matematika yaitu betha (β), yang dipadukan dengan bentuk-bentk geometri diantaranya segitiga, ¾ lingkaran penuh dan lingkaran yang lonjong. Keindahan matematika itu selain terdapat pada simbol-simbolnya yang unik, keindahan itu juga terdapat pada bentuk-bentuk geometrinya, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang yang memiliki nilai keindahan.
Dengan pola dasar :
Keterangan :
: Betha


: Segitiga

: ¾ Lingkaran Penuh

: Elips






9. Batik 236

Gambar 9. Batik 236

Batik 236 adalah adalah batik yang disusun dari angka-angka pada hindu arab, yaitu angka 2, angka 3, dan angka 6, yang dipadukan dengan ¾ lingkaran penuh sehingga mengahsilkan pola teratur yang memiliki nilai estetika atau keindahan.

Dengan pola dasar :
Keterangan
2 : dua (angka)
3 : tiga (angka)
6 : enam (angka)

10. Batik PEN (Pound Euro Yen)

Gambar 10. Batik PEN

Batik PEN yaitu batik yang disusun dari simbol pound, euro, dan yen, yang dipadukan dengan tanda kurung biasa dan kurung persegi. Kemudian disusun sedemikian rupa sehingga menjadi suatu pola teratur yang memiliki nilai estetika.
Dengan pola dasar :
Keterangan :
( ) : Penerapan Fungsi (missal f(x))
[ ] : Kurung Persegi
£   : Pound Sign
€   : Euro Sign
¥   : Yen Sign

Kesimpulan

Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa matematika itu unik. Matematika tidak hanya merupakan suatu perhitunganperhitungan yang menjenuhkan, akan tetapi juga memiliki nilai estetika. Matematika merupakan bahasa yang disampaikan dalam bentuk simbol-simbol, dan dengan menyusun simbol-simbol matematika yang unik itu menjadi suatu pola teratur, maka akan menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai estetika yang tinggi, yaitu Batik Motif Matematik.

Ini hanya sebagian kecil dari batik motif matematika. Matematika itu luas, masih banyak keunikankeunikan matematika yang belum terungkap. Oleh karena itu, kembangkan lagi imajinasinya, buat motif-motif keren lainya dan cetak batik motif matematik ini, sehingga dapat menjadi aset berharga di pendidikan matematika Universitas Siliwangi.

Daftar Pustaka

http://googleweblight.com/?lite_url=http://feribarca.blogsot.com/2012/04/matematika-sebagai-seni.html 

http://anisadahliaipa4batik.weebly.com/keistimewaan-batik.html 

http://cheminlove.blogspot.co.id/2009/01/asimtot-mendekat-tetapitidak-menyatu.html?=1 

Seorang Matematikawan amatir yang punya cita-cita tinggi dan ingin belajar berbagai hal mengenai blog dan matematika. Salah satunya ialah mempunyai kebermanfaatan bagi orang lain dengan mengembangkan blog ini.

This Is The Newest Post

FloMath: Inspiring of Mathematic
EmoticonEmoticon